Senin, 21 Februari 2011

Dana Lumbung Pangan Merauke Dekati Rp1 T

 Pembangunan infrastruktur jalan dan penataan air Rp800 miliar, pembangkit Rp100 miliar.

 Pemerintah memastikan pembangunan infrastruktur dasar pengembangan lumbung pangan (food estate) di wilayah Papua harus sudah dimulai tahun ini. Untuk pembiayaannya, pemerintah sudah menyiapkan dana cukup besar.

"Kami pada 2011 ini akan membangun infrastruktur dasar dulu. Dana mendekati Rp1 triliun," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa usai rapat koordinasi di kantornya, Jalan Wahidin, Jakarta, Senin, 24 Januari 2011.

Menurut Hatta, infrastruktur dasar yang akan dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut di antaranya pembangunan jalan, penataan air, serta pembangunan pembangkit untuk energi.
Dana untuk pembangunan infrastruktur jalan dan penataan air sekitar Rp800 miliar, sedangkan pembangkit Rp100 miliar.

Pembangunan food estate ini akan digarap bersama antara Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Untuk pengembangan lahan, pemerintah diperkirakan membuka sekitar 570 ribu hektare (ha) lahan baru. Lahan tersebut merupakan eks lahan hutan yang sudah dialihfungsikan menjadi areal pertanian. Diharapkan program ini mulai berjalan pada 2014 dengan target utama bahan pangan berupa tebu, kedelai, dan beras.

Selain areal pertanian baru, pemerintah juga berharap pengembangan food estate akan diikuti oleh pembangunan industri penunjang, serta permukiman untuk menunjang program tersebut.

Sumber: VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar